team-buana-paksa-truss-2

Tahukah anda Rangka Atap Baja Ringan bisa runtuh Tanpa peringatan terlebih dahulu?

 Tahukah anda Rangka Atap Baja Ringan bisa runtuh Tanpa peringatan terlebih dahulu?

Pernahkah anda membaca berita tentang runtuhnya rangka atap baja ringan di sejumlah tempat ?

Sebelum ada baja ringan, rangka atap yang ada di Indonesia biaanya terbuat dari kayu, namun sifat matrial kayu yang mudah dimakan rayap, kadar air susut tinggi, berat, dan malah membuat kayu saat ini susah tidak lagi digemari oleh para kontraktor ataupun pemilik bangunan. Namun ada sebuah kelebihan dari struktur kayu yaitu, apabila akan terjadi keruntuhan atap, biasanya akan terjadi tanda2 peringatan, seperti lapuk, melendut, bocor dan lain sebagainya sebelum terjadi keruntuhan.

Berbeda dengan rangka atap baja ringan yang mempunyai kekuatan baja tinggi namun tidak mempunyai kekakuan karena bahan yang digunakan merupakan bahan plat tipis sehingga apabila terjadi kerusakan sangat fatal akibatnya.

Bahan baja ringan terbuat dari bahan plat tipis yang digalvanis atau zincalume, bahan tersebut umumnya digunakan untuk penutup atap pabrik, seng gelombang dll.coba kita perhatikan apakah bahan tersebut tidak pernah berkarat?

Apabila plat pada baja ringan berkarat maka akan terjadi keruntuhan, dan dengan adanya jaminan garansi yang lama, maka konsumen merasa aman. Saat ini keruntuhan umumnya karena disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangannya, tetapi menurut prediksi pihak pabrikan pembuat bahan zincalume atau galvanis akan ada keruntuhan secara tiba2 yang disebabkan oleh faktor korosi.

Software dan pendekatan struktur sangat penting untuk menentukan kualitas dan jumlah bahan yang digunakan, serta mempermudah pengontroloan pada saat proses pemasangan. Bagaimana sebuah aplikator bisa menjual murah dan terarah apabila desain strukturnya tidak ada. Akibatnya banyak aplikator yang tidak yang tidak mempunyai software khusus dalam mendesain dan menentukan jumlah barang melakukan pengiritan besar – besaran untuk menghindari kerugian. Hal ini memicu terjadinya keruntuhan tiba – tiba setelah selesai pemasangan genteng. Hal ini yang saat ini banyak terjadi di Indonesia.

Saat ini baja ringan sebagai aternatif baru material rangka atap akhir – akhir ini makin populer bahkan saat ini banyak sekali jumlah merk rangka atap baja ringan di Indonesia. Di satu sisi, jumlah merk yang banyak itu membuat konsumen bisa bebas memilih mana yang dianggap paling cocok dengan kebutuhan ataupun dana yang tersedia. Tetapi disisi lain, banyaknya merk tersebut juga mengakibatkan terjadinya perang harga yang bisa merugikan konsumen karena sudah banyak harga penjual rangka atap baja ringan yang menurunkan standart kualitas coating dan menggunakan bahan yang tipis agar harga jual terkesan murah dan bisa bersaing dengan fabrikator.

INGAT MURAH MERIAH ITU ADA, TETAPI MURAH BAGUS ITU TIDAK DAN TIDAK AKAN PERNAH ADA

Yang lain bisa jual murah, kami bisa jual yang bertahan lama. Kita beruntung karena baja ringan berada dibawah genteng yang tidak terkena air secara langsung. Untuk memperoleh umur yang panjang, baja ringan harus diproteksi dari korosi dengan cara memberi lapisan plat baja dengan coating minimum galvanis tebal az 200 gr/m2 dan zincalume/galvalume tebal az 100 gr/m2.

Tebal plat baja rigan bervariatif, namun semakin tipis bahan plat yang digunakan akan semakin rawan struktur rangka atap rumah anda, belum lagi ditambah dengan kesalahan dalam pemasangannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s