purwodadi 8

Bingung memilih atap munggunakan baja atau kayu

Sering sekali orang masih sangat bingung memilih matrial untuk atap rumah idaman masing-masing dan sering sekali juga ketakutan antara memakai teknologi baru dan lawas menggunakan dalam bidang kontruksi atap. dan kebanyakan juga dari mereka masih beranggapan masih enak menggunakan kayu.

Dalam era modern sekarang tuntutan waktu ,biaya dan kekuatan sangat di perlukan baik dalam membangun rumah atau renovasi rumah tiga hal tadi sudah menjadi keharusan di era sekarang. dan dibawah ini akan saya bahas satu persatu dan disini tentunya saya akan mengulas satu persatu mengenai tiga hal dalam bidang atap rumah.

Waktu :
Nah waktu sangat penting sekali karena kita atau semua orang berkeinginan sesegera mungkin dapat menempati rumah tinggal kita untuk beraktifitas. misal kita menggunakan rangka kayu , maka waktu kita akan habis untuk mengasih waktu tukang untuk menseting/instal kayu mulai dari kuda-kuda sampai reng. kenapa kok menghabiskan waktu ? karena setiap kayu ukurannya yang pasti tidak selalu sama dan bentuknya juga beda , ada yang lurus dan bengkok serta ukurannya juga beda-beda walau ukurannya 5×7 , dan belum lagi kita memasah dan belum tentu satu hari jadi 1 kuda-kuda walaupun di kerjakan 3tukang sekaligus untuk  menghaluskan , menyamakan ukuran serta merangkai.pengalaman saya untuk seting kuda-kuda 2 buah menghabiskan waktu 7 hari dan itu belum terpasang, belum lagi seting usuk dan reng , satu rumah project ukuran 100M2 bisa makan waktu 3-4 minggu untuk pemasangan atap. wuih lama sekali.

beda lagi kalau kita menggunakan atap baja ringan , yang pasti masalah waktu dan persisi matrial sangat tinggi keakuratannya mulai dari segi bentuk dan kualiatas yang bagus , dan baja ringan ada garansi . kalau kayu apakah ada yang berani menggaransi untuk matrialnya ? , dengan luasan sama 100M2 untuk baja ringan hanya memerlukan waktu pemasangan kurang lebih 2-3 hari. selisih waktu yang sangat banyak untuk pemasangan atap kayu vs atap baja ringan.

2. Biaya :
Kayu jelas lebih mahal di banding baja ? kok bisa !!! bukan rahasia umum lagi , sekarang harga kayu sangatlah mahal tidak seperti dulu dan tidak bisa dipilih2 walaupun sama-sama jenis kayunya. misalpun dapat, kualitasnya jauh dibanding kayu . sekarang mencari kayu yang bagus jarang banget kita temui , misalpun dapat harganya selangit. belum lagi kayu berurusan dengan rayap dsb. untuk biaya kayu yang di perlukan sangatlah mahal baik dari sisi matrialnya maupun tenaga pasangnya karena hitungan tukang berdasarkan harian dan tenaga pasang atap kayu tidak cukup dilakukan 2-3 orang. minimal 5 orang.

Baja ringan harga sedikit murah dibawah kayu dan tentu kualitasnya dijamin dan digaransi oleh pabrikan dan bahkan ada yang berani menggaransi matrial hingga 15 tahun. ( waktu yang lama untuk urusan atap ) dan bebeas perawatan oleh predator rayap yang sering kali membuat keropos. dan untuk biaya atap disini sering kita tersistem borongan harga /M2 jadi lebih effisien di banding tenaga lepas.

3.Kekuatan.
Untuk masalah kekuatan antara kayu hampir seimbang dan bisa di katakan lebih menang di bajanya kalau bicara umur. kalau sifat umumnya sama.bisa di pasang semua jenis genteng dll.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s